Bijak Hadapi Mutasi Kerja

 

By Canva

Ada sebagian orang yang mungkin gentar ketika mendengar kata mutasi terlebih bagi mereka yang sudah merasa nyaman dan enjoy saat berada di tempat kerja yang lama. Padahal sebenarnya, mutasi akan menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan bahkan tidak sedikit yang akhirnya memiliki teman hingga relasi kerja karena seringnya dimutasi kerja.

Harus disadari bahwa mutasi bukanlah sebuah hukuman terlebih jika tempat kerja yang baru tidak seperti tempat kerja sebelumnya. Besar atau kecil pastilah ada perbedaan. Harus diyakini juga bahwa mutasi bukan akhir dari segala-galanya untuk mengembangkan karir. Bisa jadi di tempat kerja yang baru akan memberikan masa depan yang lebih baik asal kita memandang dari paradigma yang positif.

Berikut akan diuraikan tentang tips mudah untuk move on dari tempat kerja yang lama:

1.   Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mulai kerja di tempat yang baru

Setiap tempat kerja akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bisa jadi itu menyangkut personil, jenis pekerjaan maupun suasana kerja. Untuk itu sebelum mulai kerja di tempat baru persiapkan diri sebaik mungkin agar kehadiran kita diterima dengan baik. Jika memungkinkan, cari informasi sebanyak-banyaknya terkait kondisi tempat kerja yang baru.

2.   Tetap berfikir dan bersikap positif

Satu hal yang penting dan terkadang kita melupakannya adalah berpikir dan bersikap yang positif. Karena dua hal tersebut akan menunjukkan karakter kita saat pertama kali berada di tempat yang baru. Buang jauh-jauh segala prasangka yang pada akhirnya akan menjebak diri kita ke dalam perbuatan dan sikap yang kurang baik.

3.   Membuka diri untuk menerima perubahan

Sudah saatnya move on dari tempat kerja lama dan membuka diri dengan segala hal yang baru di tempat kerja yang baru. Segeralah beradaptasi dengan hal-hal baru yang bisa jadi berbeda dengan sebelumnya. Menerima secara terbuka dan legowo segala hal yang ada di tempat baru, ini akan memudahkan kita menjalankan segala aktivitas tanpa bayang-bayang masa lalu.

4.   Berusaha nyaman di tempat yang baru

Kuncinya adalah ikhlas terlebih saat kita dimutasi di suatu tempat dimana kondisinya tidak sebaik atau senyaman di tempat kerja sebelumnya. Berusaha menyelami keadaan, karakter teman, kondisi sekitar bahkan pekerjaan baru yang bakal menjadi tanggung jawab kita.

5.   Mempelajari kultur di tempat kerja yang baru

Bisa jadi kebiasaan yang sering dilakukan di tempat lama tidak bisa lagi dilakukan di tempat baru. Untuk itu perlu dipelajari kultur di tempat kerja yang baru terlebih dahulu agar kita mudah dalam beradaptasi.

6.   Menikmati pertemuan dengan orang-orang baru

Hal yang satu ini tidak bisa dihindari. Nikmatilah masa pertemuan dengan orang-orang baru yang bakal menghiasai hari-hari kita. Jauhkan diri dari teman yang suka berburuk sangka, suka ngegosip dan berusahalah tetap bersikap netral atau tidak memihak dalam kondisi apapun.

7.   Mencari peluang di tempat baru untuk bisa mengembangkan potensi diri

Potensi diri akan terasah manakala mampu membidik peluang yang bakal menjadi lahan untuk mengembangkan karir. Terkadang tak harus pandai untuk bisa sukses meniti karir, justru yang lebih penting kita harus tahu kemampuan apa yang kita miliki lalu mencari peluang yang sesuai dengan potensi diri kita. Jika hal ini bisa kita lakukan, maka kesempatan untuk mengembangkan karir pun akan terbuka lebar.

 




Posting Komentar

0 Komentar