Ini Dia, Aksi Positif Mahasiswa UNISA Yogyakarta


Kegiatan rutin bulanan setiap tanggal 15 "Arisan RW" yang biasa diadakan ibu-ibu khususnya RW 32 Panggungan Trihanggo Sleman Yogyakarta kali ini nampak berbeda. Kegiatan yang berlangsung Senin sore (15/4) di Rumah bu Hardi Nur Jannah 
diisi dengan sosialisasi terkait masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan oleh sejumlah mahasiswa dari Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.


Terlihat ibu-ibu yang hadir nampak antusias mengikuti paparan dari beberapa mahasiswa. Kegiatan yang bernuansa positif ini mengangkat tiga materi yaitu Sadari dan Kanker Payudara, Keluarga Berencana (KB), dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Masing-masing materi disampaikan oleh Imelda Febrian, Cindy Hapsari, dan Anas Kiki Anugrah.



Secara gamblang, Imelda menjelaskan tentang pentingnya melakukan "sadari". Dirinya berpesan agar ibu-ibu rutin melakukan sadari di rumah. "Hanya dibutuhkan waktu 7 menit saja", tegasnya. Sementara itu materi yang dipaparkan Cindy tak kalah pentingnya yaitu soal KB. Dialogpun terjadi, karena keingintahuan dan kepedulian ibu-ibu akan masalah KB, harapannya agar tidak mengganggu kesehatan alat reproduksi. 



Materi terakhir, terkait masalah PHBS nampaknya perlu digarisbawahi agar masyarakat dusun Panggungan senantiasa menjaga kesehatan anggota keluarganya dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di lingkungan masyarakat.


Saat ditemui di tengah acara, Dede salah satu mahasiswa menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai salah satu prasyarat kelulusan dalam program profesi yang sedang mereka tempuh. "Kami melaksanakan beberapa agenda di dusun Panggungan ini pada pertengahan Maret lalu hingga tanggal 28 April mendatang, "ungkapnya. 

Rencananya, rangkaian kegiatan ini akan diakhiri dengan senam masal. "Namun mengenai lokasi yang akan digunakan belum ada kepastian dari pihak pengurus RW, "jelasnya ramah. 

Usai acara, foto bersama pun menjadi aksi yang tak kalah penting, karena akan menjadi memori tersendiri jika waktu telah berlalu. Sukses selalu untuk kalian semua. Semoga menjadi generasi yang membanggakan bangsa ini.


Posting Komentar

0 Komentar