Rakor Pencanangan Revitalisasi KUA, Kabag TU: Ada 10 Tupoksi Layanan KUA



Bantul (Humas Kemenag DIY) - Kanwil Kemenag DIY melalui Bidang Urais Bimsyar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pencanangan Revitalisasi KUA Pusaka, Jumat (28/5/2021) di KUA Sewon.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Urais Bimsyar Nadhif, Kabid PHU Sigit Warsita, Kakankemenag Bantul Aidi Johansyah, Plt. Kabid Penais Zawa Nur Rochman, Kasi Bidang Urais, Kepala KUA Sewon dan jajarannya.

Dalam sambutannya Kabag TU Wahib Jamil menegaskan saat ini KUA tidak hanya fokus pada nikah dan rujuk saja namun lebih kepada 10 tugas, pokok, dan fungsi. "Diantaranya: pemberdayaan ekonomi umat, moderasi beragama, penerangan agama, zakat wakaf, kemasjidan, kepustakaan Islam, serta haji dan umrah," ungkapnya.

KUA Kecamatan Sewon sebagai salah satu role model dari enam KUA se Indonesia saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti pencanangan Revitalisasi KUA oleh Menteri Agama yang rencananya akan digelar pada Sabtu malam (29/5/2021) di Banjarnegara.

Sementara lima KUA lainnya mengikuti rangkaian acara pencanangan revitalisasi KUA secara virtual baik melalui zoom meeting maupun kanal youtube. Hal ini disampaikan Tim Bimas Kemenag Pusat saat memberikan arahan.

Terkait persiapan pencanangan revitalisasi KUA, Kabid Urais Bimsyar Nadhif meminta jajarannya untuk hadir dalam gladi bersih Jumat malam (28/5/2021). 

"Walau Menag tidak hadir di DIY, KUA Sewon tetap harus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk zoom meeting," tandasnya.

Tidak hanya terkait hal itu namun pihaknya juga meminta jajarannya untuk menyiapkan berbagai informasi yang harus disampaikan terkait KUA Sewon. "Untuk mengantisipasi jika ada dialog interaktif di luar waktu 3 menit yang disediakan panitia," jelasnya lebih lanjut.

Di akhir acara, Kakankemenag Bantul Aidi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program revitalisasi KUA Sewon. "Semoga dengan revitalisasi ini, KUA semakin prima dalam memberikan layanan kepada masyarakat," pungkasnya (tnf)


Posting Komentar

0 Komentar