Tentang Menulis

Hai Sobat! Tidak terasa, kita sudah memasuki bulan ketiga di tahun 2019. Rasanya sesuatu banget, melewatkan waktu begitu saja tanpa jejak. Semua hal yang kita lakukan seakan tak berbekas. Kadang juga hilang diingatan dalam sekejam. Beterbangan saja seperti anai-anai. 


Sadar banget memori yang kapasitasnya limit tidak mampu menampung berbagai peristiwa yang lalu lalang. Lalu, akhirnya mulailah berfikir bagaimana caranya setiap momen penting yang terjadi, bahkan terkadang malah bisa jadi sejarah untuk diabadikan dalam sebuah aksara. Tentunya tidak hanya itu saja, banyak banget manfaatnya dari sekedar buat coretan yang akhirnya mampu menginspirasi banyak orang.
Baiklah, sesuai judul yang terpampang “Tentang Menulis” marilah kita bersama-sama belajar menulis. Sebetulnya menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja pada kebanyakan orang termasuk saya terkadang merasa kurang pede untuk menampilkan hasil karya. Mikirnya panjang banget karena bakalan dibaca banyak orang. Sempat tarik ulur karena merasa newbie (red: pemula) di dunia literasi, ilmunya juga masih minim. Sebetulnya ilmu itu bisa dipelajari secara otodidak karena banyak artikel sejenis berseliweran di jagad maya.

Bagaimana Cara Menulis?
    Pertanyaan ini pun sempat singgah di angan, saat hendak menuangkan kata. Pernah dapat ide namun untuk sekedar memulai menulis saja susahnya minta ampun. Bahkan merangkainya dalam bentuk kalimat indah yang asyik dinikmati ternyata tidak gampang. Lalu, harus mulai dari mana ya?
Serius ingin belajar menulis? Ada beberapa tips menulis yang bisa kita lakukan. Yuk simak!
  1.  Tetaplah jadi Diri Sendiri
Sering kali kita terjebak setelah membaca tulisan orang. Lalu berpikir ingin menulis seperti itu. Boleh-boleh saja dan sah-sah saja namun ada hal yang perlu diingat, tetaplah menjadi diri sendiri. Ini penting! Karena meniru gaya bahasa orang lain malah akan membayangi langkah kita selanjutnya. Suatu saat nanti kita akan kehilangan arah, karena bingung meniru tulisan siapa lagi.

2.  Gunakan Gaya Bahasa seperti Berbicara

Sebagai langkah awal, ini tak kalah pentingnya. Jangan terlalu membayangi bahwa tulisan harus sesuatu struktur kalimat yang benar. Menulislah seperti orang yang berbicara. Biarkan kalimat yang tercipta mengikuti gaya bahasa kita. Itu terasa lebih mengasyikkan. Yang pasti, gunakan bahasa yang komunikatif. Jika ini dilakukan, tulisan kita akan terkesan ringan, bagus dan enak saat dibaca.

3. Menulislah seperti Apa yang Dirasa, Didengar
    dan Dilihat

Dengan cara ini, kita akan menulis dengan sepenuh hati. Bukan hanya itu, menulis dengan apa yang kita rasa, dengar dan lihat akan terasa lebih mudah dan kalimat yang kita rangkai akan mengalir dengan sendirinya. Bahkan terkadang kalimat yang sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya akan muncul dalam rangkaian kata yang kita ciptakan.

4.   Pilih Kata dan Kalimat yang Sederhana

Jangan terlalu memikirkan kalimat yang terlalu kompleks saat memulai menulis tetapi mulailah dengan kata dan kalimat yang sederhana. Ini akan membuat kita semakin enjoy dan nyaman saat menuangkan kata-kata.

5.  Hindari Kata-Kata yang Tidak Perlu

Banyak orang menulis dengan kalimat yang berbunga-bunga, kesannya menjadi bertele-tele. Hal ini akan berdampak buruk pada pembaca. Pembaca merasa bosan dan akhirnya menutup tulisan kita. Berusahalah menulis secara runtut, lugas dan penuh makna.

6.  Terus Berlatih Menulis

Mendisiplinkan diri untuk melatih menulis setiap hari akan membantu kita terampil dalam menuangkan kata-kata. Perkaya pengetahuan dengan membaca tulisan orang lain untuk memacu semangat dalam menciptakan gaya bahasa yang menunjukkan kekhasan tulisan kita.

Nah Sobat, jika enam tips di atas sudah dipahami. Mulailah dari sekarang untuk mencari ide lalu mencoba merangkai kata-kata. Berlatihlah setiap hari untuk menulis. Lambat laun ide-idemu akan mengalir tanpa kita sadari. Selamat Mencoba!



Posting Komentar

0 Komentar